Kencing nanah




Bagian 1 dari 5: TinjauanApa Gonore?
Gonore adalah infeksi menular seksual (IMS). Hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Menginfeksi hangat, daerah lembab tubuh, termasuk:

    
uretra (tabung yang mengalir urin dari kandung kemih)
    
mata
    
tenggorokan
    
vagina
    
dubur
    
saluran reproduksi (saluran tuba, serviks, dan uterus pada wanita)
Gonore ditularkan oleh terlindungi oral, anal, atau seks vaginal. Orang-orang yang memiliki banyak pasangan seksual dan yang tidak menggunakan kondom berada pada risiko terbesar infeksi. Perlindungan terbaik terhadap infeksi pantang, monogami (hanya memiliki satu pasangan seksual), atau penggunaan kondom. Perilaku yang membuat seseorang lebih mungkin untuk terlibat dalam hubungan seks tanpa kondom juga meningkatkan kemungkinan infeksi. Ini termasuk penyalahgunaan alkohol atau penyalahgunaan obat-obatan terlarang.
Bagian 2 dari 5: GejalaGejala Gonore
Gejala dapat terjadi dalam waktu dua sampai lima hari setelah terpapar. Namun, laki-laki mungkin tidak mengalami gejala terlihat selama beberapa minggu, dan beberapa mungkin tidak pernah mengalami gejala.
Gejala pada wanita cenderung ringan atau mirip dengan infeksi lain. Seseorang dengan gonore yang tidak memiliki gejala masih menular. Seseorang lebih mungkin menyebarkan infeksi ke mitra lainnya bila gejala tetap "diam" seperti ini.
Pada pria, gejala terlihat pertama sering sensasi terbakar atau nyeri saat buang air kecil. Gejala lain mungkin termasuk:

    
frekuensi yang lebih besar atau urgensi buang air kecil
    
debit nanah seperti dari penis (putih, kuning, atau kehijauan)
    
pembengkakan atau kemerahan pada pembukaan penis
    
pembengkakan atau nyeri pada testis
    
sakit tenggorokan persisten
Pada wanita, gejala mungkin lebih sulit untuk mengidentifikasi. Infeksi gonore sering keliru untuk jamur vagina umum atau infeksi bakteri. Gejala termasuk:

    
debit dari vagina
    
rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil
    
kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering
    
sakit tenggorokan
    
nyeri pada terlibat dalam hubungan seksual
    
nyeri di perut bagian bawah
    
demam
Infeksi yang tidak diobati dengan gonore juga dapat mengakibatkan infeksi menyebar ke aliran darah. Dalam hal ini, ruam, demam, atau sakit pada sendi pada akhirnya berkembang.
Bagian 3 dari 5: PengujianPengujian Gonore
Profesional kesehatan dapat mendiagnosa infeksi gonore dalam beberapa cara. Mereka mungkin akan mengambil sampel dari penis atau vagina. Sampel ini akan dioleskan pada slide kaca. Sebuah jenis noda ditambahkan, maka slide diperiksa di bawah mikroskop. Jika sel-sel bereaksi terhadap noda, spesimen mungkin gonore. Metode ini relatif cepat dan mudah. Namun, itu tidak benar-benar memberikan kepastian.
Metode kedua melibatkan mengambil sampel, mengolesi pada hidangan khusus, dan inkubasi di bawah kondisi pertumbuhan yang ideal untuk beberapa hari. Jika gonore hadir, koloni bakteri gonore akan tumbuh.
Hasil awal mungkin siap dalam waktu 24 jam. Hasil akhir akan memakan waktu hingga tiga hari. Sampel dapat diambil dari tenggorokan, anus, vagina, ujung penis, darah, atau cairan sendi. Darah atau cairan sendi dikeluarkan dengan memasukkan jarum dan menghapus sejumlah kecil cairan. Spesimen dari situs lain yang diambil dengan menggunakan kapas berujung.
Bagian 4 dari 5: KomplikasiKomplikasi Gonore
Umumnya, wanita berada pada risiko yang lebih besar dari komplikasi jangka panjang dari infeksi yang tidak diobati. Mereka dapat mengembangkan jaringan parut dari saluran tuba, yang dapat mencegah kehamilan di masa mendatang.
Infeksi juga dapat menyebabkan penyakit radang panggul (PID). Ini mungkin melibatkan sakit berkelanjutan panggul, kehamilan ektopik (di mana janin mulai tumbuh di luar rahim), dan infertilitas. Infeksi gonore dapat diteruskan ke bayi yang baru lahir selama persalinan.
Pria mungkin mengalami jaringan parut dari uretra (tabung yang memungkinkan urin mengalir dari tubuh). Pria juga dapat mengembangkan abses yang menyakitkan di pedalaman penis. Ketika infeksi gonore menyebar ke aliran darah, baik pria maupun wanita bisa mengalami arthritis, jantung kerusakan katup, atau radang selaput otak atau sumsum tulang belakang. Ini adalah kondisi yang jarang namun serius.
Bagian 5 dari 5: PengobatanPengobatan Gonore
Antibiotik modern memungkinkan untuk menyembuhkan infeksi gonore dalam kebanyakan kasus. Munculnya strain yang resistan terhadap obat dari gonore adalah tantangan yang berkembang. Kebanyakan negara memberikan diagnosis dan perawatan gratis di klinik kesehatan yang disponsori negara. Profesional kesehatan biasanya akan memberikan suntikan antibiotik yang kuat setelah diagnosis. Beberapa tindak lanjut juga diperlukan.
Profesional kesehatan yang diwajibkan oleh hukum untuk melaporkan infeksi. Pejabat kesehatan masyarakat akan mengidentifikasi, kontak, tes, dan memperlakukan setiap mitra dari orang yang terkena yang mungkin telah terinfeksi untuk membantu mencegah penyebaran infeksi. Orang-orang lain mungkin memiliki kontak seksual dengan juga akan diberitahu.
Beberapa strain gonore telah mengembangkan resistensi terhadap antibiotik yang umum. Kasus-kasus ini mungkin memerlukan perawatan yang lebih luas (biasanya dengan antibiotik yang lebih mahal) atau kombinasi antibiotik. Para ilmuwan yang bekerja untuk mengembangkan vaksin untuk mencegah infeksi gonore. Obati dengan herbal crystal x asli insyaAllah sembuh.



ref:
http://www.healthline.com/health/gonorrhea#Treatment5

0 komentar:

Posting Komentar